Kembali Ke Beranda

Bagaimana cara membuat listing Kapal di Rentist?

Untuk menginput aset barang yang akan disewakan, caranya cukup mudah. Anda bisa memulai dengan meng klik “Asset” di halaman “Home”. Lalu, menekan tombol “Create New Aset” hingga masuk ke halaman “Basic Info”.

Basic Info

Di halaman ini, Anda bisa mengisi informasi mendasar tentang barang yang akan disewakan tersebut. Yang pertama tentu saja, memilih kategori. Saat meng klik “Kategori” ini, muncul drop down kategori aset atau barang. Mulai dari, Mobil, Motor, Bus, Boat, Bicycle, Kid Toys, Fashion, Maternity, Furniture, Electronic, Medical, Sport, Books, Photography, Adventure, Property, & Experience. Pilih kategori sesuai dengan aset yang Anda sewakan. Boat, misalnya.

Lalu, pilih “Sub Kategori”sesuai dengan kategori barang Anda dengan meng klik drop down di menu tersebut.

Dan jangan lupa, mengisi “Headline” yang tersedia. Seperti, “Kapal Memancing Super Keren”. Kemudian, klik “Save & Continue”. Basic Info pun sudah tersimpan.

Addres

Di halaman ini, Anda bisa menuliskan alamat Rental secara lengkap, yang secara otomatis datanya akan disesuaikan oleh maps google di bawahnya. Anda tinggal meng klik alamat yang tertera di maps tersebut, lalu klik “Save & Continue”.

Basic Details

Halaman ini memuat informasi detail seputar aset atau barang yang akan disewakan. Untuk aset kapal misalnya, info detail tersebut dimulai dari, merek, modelnya, tahun pembuatan, kapasitas penumpang atau tempat duduk, kapasitas mesin, transmisi kendaraan, hingga kekuatan mesin, dan harga sewa yang ditawarkan pada kostumer (IDR). Anda tinggal meng klik field yang tersedia di masing masing tersebut dan memilih drop down yang ada sesuai dengan spesifikasi barang yang akan disewakan, serta mengisinya.

Apabila semua telah terisi, klik “Save & Continue”.

Aset Info

Nah di halaman “Aset Info”, Anda bisa lebih menjelaskan tentang aset atau barang yang akan disewakan tersebut dengan kata kata. Di “Short Description” misalnya, “Kapal Memancing Super Keren". Kalau bisa buatlah bagian ini dengan kata kata yang akan menarik minat Penyewa akan barang yang ditawarkan. Selanjutnya, Anda bisa menjelaskan lebih detail hal ini di “Description”. Seperti dengan kalimat berikut “Kapal Memancing Super Keren Yang Dilengkapi Dengan Ruang Istirahat Yang Akan Membuat Petualangan Memancing Anda Begitu Mengasyikan."

Selanjutnya, Anda bisa memilih metode penyampaian barang tersebut ke Penyewa dengan memilih “Delivery Method”. Apakah barang ini akan dikirimkan ke suatu titik, dermaga misalnya. Atau di ambil di pemberhentian kapal Anda. Ataukah bisa keduanya, diambil dan dikirim.

Apabila telah terisi semua, klik “Save & Continue”.

Insurance atau Asuransi

Pilih “Yes” apabila aset kapal Anda sudah tercover oleh asuransi. Dan pilih “No” apabila aset tersebut belum diasuransikan. Apabila aset atau barang yang akan Anda sewakan sudah tercover asuransi, pilih “Yes”, lalu pilih jenis asuransi yang sudah mengcover aset tersebut di “Insurance Issuer” dengan meng klik drop down yang ada dan memilih jenis asuransinya. Adira misalnya. Kemudian pilih “Insurance Policy Reference”. Mulai dari Kebijakan Asuransinya dengan meng klik “Select Insurance Policy”. Apakah “All Risk” atau “Total Lost Only”. Lalu, tuliskan kebijakan asuransinya di “Description”. Seperti, “Asuransi ini mengcover segala risiko yang terjadi atas barang yang disewakan”.

Klik “Save & Continue”.

Apabila masih ada asuransi lain yang mencover aset yang Anda sewakan ini, bisa ditambahkan dengan meng klik tombol “Add”. Namun apabila tidak ada lagi, klik “Save & Continue”.

Photos

Di halaman photos, Anda bisa mengupload foto terbaik dan paling menarik dari aset yang disewakan. Khusus untuk aset yang tidak memiliki asuransi atau tidak tercover oleh asuransi, maka harus mengupload minimal 5 foto.

Anda bisa mengambil foto tersebut langsung dari Gallery Foto di smartphone atau bisa pula mengambil foto secara langsung melalui kamera smartphone Anda. Dan jangan lupa untuk menuliskan “Description” foto itu. Misalnya, “Kapal Tampak Depan”.

Setelah lima foto terupload, klik “Save & Continue”.

Basic Rate

Di halaman ini, Anda bisa menuliskan harga dasar dari aset atau barang yang Anda sewakan. Apabila asetnya berbentuk kapal, lengkap dengan nahkodanya, bisa memilih “Yes”. Namun apabila kapal lepas kunci, pilih “No”. Selanjutnya, tulis “Minimum Rent Day” untuk mengatur minimal hari untuk menyewa barang tersebut. Misalkan, 2 hari atau 7 hari.

Di durasi, Anda bisa memilih durasi rental per hari. Misalkan apabila dengan nahkoda atau kapten kapal, maka bisa diatur mulai dari 3 jam, 6 jam, dan 12 jam. Dan apabila tanpa nahkoda  maka, perhitungannya adalah 24 jam per hari.

Di field “Rate” Anda tingga menuliskan harga sewanya. Apabila dengan nahkoda tinggal ditambahkan saja. Seperti, Rp. 1.500.000. “Basic Rate” pun terisi sudah.

Apabila, selain Basic Rate atau harga sewa harian ini Anda juga menerapakan harga lain, seperti “Weekend Rate”, maka harga ini bisa ditambahkan dengan meng klik “Other Rate”, dan mengisi Price Category nya dengan memilih “Weekend Rate” di dropdown yang tersedia. Selanjutnya, langkah langkahnya hampir sama dengan di Basic Rate, yaitu dengan mengisi “Minimum Rent Day”, “Duration”, dan “Rate”. Tentu saja, harga di Weekend ini tidak sama dengan Basic Rate mengingat permintaan sewa di akhir pekan cenderung meningkat sehingga Anda bisa menyesuaikan harganya. Apabila semua sudah terisi, klik “Save Price”.

Lantas apa yang dimaksud dengan “Add Long Discount”? Add Long Discount adalah harga khusus yang akan Anda berikan untuk Penyewa apabila ia menyewa barang yang Anda sewakan, dalam jangka waktu yang cukup lama. Misalkan, menyewa 30 hari, atau 90 hari. Adapun, besarnya diskon yang diberikan, sesuai dengan kebijakan Anda selaku Penyedia Barang. Anda bisa mengatur diskon tersebut dengan meng klik “Add Long Rent Discount?” dan mengisi field di halaman tersebut “Type Quantity” dan besarnya diskon yang diberikan di “Discount %”. Setelah semua terisi, klik “Save Discount”. Lalu,  klik “Save & Continue”.

Booking Rules

Halaman ini memuat tentang kebijakan Rental Anda untuk Penyewa yang akan menyewa aset atau barang yang akan disewa. Anda harus mengisi semua kebijakan Rental Anda di field field yang tersedia. Mulai dari,

“What Include”,

Misalnya "Harga Sudah Termasuk Layar Darurat"

“What Exclude”,

Misalkan "Barang Yang Disewakan Itu Tidak Termasuk Sekoci.".

“Broke and Lost”

Adalah kebijakan yang Anda terapkan apabila terjadi kerusakan atas kapal yang disewa atau kehilangan kapal tersebut selama disewa oleh Penyewa. Misal, denda Rp. 6.000.000

“Fuel Policy”

Kebijakan untuk bahan bakar, untuk ini bisa memilih dari drop down yang tersedia. Apakah empty to empty, full to empty atau yang lain sesuai dengan kebijakan yang Anda terapkan.

“Cancellation Policy”

Adalah kebijakan yang Anda terapkan untuk setiap pembatalan yang dilakukan oleh Penyewa. Anda bisa memilih dari drop down yang ada, apakah Flexible, Moderate, atau Strick.

“Member Badge”

Member Badge adalah kategorisasi Penyewa yang bisa Anda atur dengan memilih di drop down yang ada. Apabila Anda memilih Basic, maka Penyewa hanya melampirkan alamat email dan nomor telepon saja. Apabila memilih Verified, maka Penyewa melampirkan alamat email, nomor telepon, no KTP, dan rekening bank. Sedangkan apabila memilih Smart Consumer, maka Penyewa tak hanya memenuhi kedua kualifikasi tersebut di atas saja namun juga sudah melakukan 5 transaksi atau sudah menyewa lima kali di Penyedia Barang. Memilih jenis Member Badge ini secara otomatis Penyedia Barang menyeting jenis Penyewa yang akan menyewa barangnya sehingga hanya Penyewa dengan kualifikasi tersebut yang bisa menyewa aset atau barang yang disewakan.

“Deposit Policy”

Adalah kebijakan yang Anda terapkan untuk Penyewa dengan membayar sejumlah uang deposit saat menyewa barang atau aset yang disewakan. Misal, untuk menyewa kapal, depositnya adalah Rp. 1.000.000.

“Mileage Policy”

Adalah radius kilometer yang Anda terapkan untuk jarak tempuh kapal yang disewa. Misalnya, sejauh 50 km. Nah, apabila Penyewa melebihi jarak tempuh tersebut, maka ia akan dikenai denda. Namun, semua kembali pada kebijakan Anda selaku Penyedia Barang, akankah menerapkan kebijakan ini atau tidak.

“No Show Policy”

Untuk yang satu ini, juga kembali kepada Anda selaku Penyedia Barang, akankah menerapkan kebijakan ini atau tidak. Adapun “No Show Policy” adalah kebijakan yang Anda terapkan apabila Penyewa sudah memesan barang, dan barang tersebut sudah diantarkan ke titik atau alamat yang disepakati, namun yang bersangkutan tidak tampak bahkan tidak datang ke tempat tersebut. Sebagai contoh, “Apabila Penyewa Tidak Datang Saat Barang Sudah Diantarkan Ke Tempat Atau Titik Yang Disepakati, Maka Ia Akan Dikenai Biaya Sebesar Harga Sewa Barang Yang Tertera”.

“Other Policy”

Adalah kebijakan tambahan yang Anda terapkan untuk Penyewa, namun tidak tersedia di field aplikasi. Anda bisa menuliskan kebijakan tersebut di sini. Seperti, “Penyewa kapal wajib melampirkan KTP asli saat menerima atau mengambil kapal yang disewa”. Bagian lain yang wajib diisi adalah “Important Information”, yang berisi tentang lisensi mengemudi si Penyewa dan batasan usia. Semua tinggal mengisi dan memilih dari yang tertera di field tersebut. 

Setelah semua terisi, klik “Save & Continue”. Input aset pun berhasil tersimpan. 

Dan yang paling penting dari hal ini tentu saja, adalah klik “Set Service Area For Asset”. Di halaman ini, Anda tinggal meng klik “Type” untuk memilih menggunakan “Area” atau “Radius”. Di Area nya sendiri, jangan lupa untuk memilih “Country” yang ada di drop down, “Provinsi”, “City”, dan radius terjauh yang dibebaskan dari biaya. Misalkan, 50 km, maka apabila Penyewa membawa aset atau barang yang disewa tersebut melampaui radius 50 km, maka ia akan dikenakan denda, yang besarnya sesuai dengan kebijakan Anda. Untuk ini, Anda tinggal menuliskan biaya tersebut di field “Price Per Km (Rp). Setelah itu, klik “Save”. Dan aset Anda pun tersimpan sudah.



Penulis:

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: models/m_help.php

Line Number: 131

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: models/m_help.php

Line Number: 138


Tanggal Publikasi: Kamis, 24 Mei 2018 09:58 WIB


Apakah artikel ini berguna? Ya atau Tidak
Artikel Terkait

At Rentist, we connect people with their most wanted items. Our easy-to-use marketplace also helps renters explore verified listings from companies we know and trust. Whether searching for an equipment, cars, or party supplies, renters can make informed decisions with valuable information like engine capacity, fuel type, transmission, material, and certified ratings and reviews from fellow users. Our goal is to make it easier for renters to find and enjoy the item with extra peace of mind.
Experience the future of renting, today.

Contact Us


© 2019 PT Rental Spesialis Indonesia. All Rights Reserved.